SOCIAL MEDIA

Sunday, October 8, 2017

[Resensi]: Kecil-Kecil Berakhlak Rasulullah SAW. (Jilid 1&2)


Judul: Kecil-Kecil Berakhlak Rasulullah SAW. (Jilid 1&2)
Penulis: Nizar Sa'ad Jabal, Lc M. Pd & Nurdin Apud Sarbini, Lc
Penerbit: Perisai Quran Kids
Sampul: Hard Cover
Cetakan: Pertama
Jumlah halaman: Masing-masing 92 halaman
Tahun terbit: Agustus 2016
ISBN Jilid 1&2: 978-602-6356-01-7
Harga: Rp. 160.000,-


"Belajar sejak kecil itu ibarat memahat di batu." - Al-Imam Hasan al-Bashri.


Membaca kutipan di atas pas membaca kata pengantar buku ini membuat saya flash back sejenak. Saya ingat sebuah kisah gimana supaya kebaikan seseorang bisa diingat lama dengan cara memahat kebaikan-kebaikan mereka di atas batu. Secara logika, memang benar. Pahatan di atas batu bisa bertahan lama.

Demikian halnya yang harus saya lakukan pada anak-anak saya. Agar setiap ajaran kebaikan sedari dini tertanam di dalam jiwa mereka. Sehingga baik akhlaknya, terpuji perilakunya, elok perangainya. Tahun ini pun menjadi target bagi saya untuk belajar, memahami dan mengaplikasikan semua hal yang berkaitan dengan pembahasan akhlak. Karena keteladanan itu tetap yang utama kan?

Saya juga masih ingat dengan persoalan yang belum lama ini terjadi. Nggak jauh dari persoalan akhlak. Saat masih ragu bagaimana seharusnya bersikap, saya coba menilik dan mempelajari bagaimana akhlak Rasulullah SAW. Adakah ada pada orang yang saya kagumi atau idolakan? Saya takut, bagaimana anak-anak saya kelak jika seorang tokoh yang digadang-gadangkan nggak memiliki akhlak yang terpuji. Pahatan itu sudah dimulai um! Alhamdulillah saya banyak belajar dari buku ini. Dan jadi punya bahan buat mengajarkan ke anak-anak.

Buku ini disajikan dalam 2 jilid. Berisi tentang bagaimana akhlak Rasulullah SAW. Dengan hadist shahih, kisah para sahabat atau kisah-kisah shalih & shalihah lainnya, penjelasan materi, dan pelajaran-pelajaran penting. Keragaman materi hadir memberikan rasa senang membaca kepada anak-anak, nggak membosankan dan mengikuti alur pemaparan.

Tersedia juga lembar rangkuman di bagian belakang buku, yang bisa diisi oleh anak.

Ciri khas dari buku-buku terbitan Perisai Qids adalah gambar-gambar yang nggak lengkap. Maksudnya gambarnya tanpa mata, hidung, dan mulut. Ini sesuai dengan pemahaman ahlul sunnah bahwa nggak boleh membuat gambar menyerupai manusia atau hewan. Saya sih nggak masalah, yang penting tujuannya sampai. Meski dulu-dulu (buku sejenis) anak-anak pernah minta ditambahin mata, hidung, dan mulut. Tapi sekarang nggak, mungkin karena udah terbiasa.

Bahasan tentang akhlak jilid 1:
1. Lemah Lembut
2. Kasih Sayang
3. Menahan Amarah
4. Prasangka Baik
5. Pemaaf
6. Pemberani
7. Cita-cita Tinggi
8. Saling Menasehati
9. Menepati Janji


Bahasan tentang akhlak jilid 2:
1. Berlebihan
2. Balas Dendam
3. Benci
4. Tajassus
5. Mengeluh
6. Khianat
7. Menghina
8. Dzalim
9. Rakus
10. Pemarah
11. Malas
12 Putus Asa


Buku ini memang cocok dan sesuai untuk anak usia sekolah. Tapi bisa juga buat saya yang memiliki anak balita. Tinggal gimana penyampaian & gaya bercerita ke anak-anak aja. Cover buku yang hard cover juga membuat buku jadi lebih awet. Hanya saja ada sedikit kekurangan. Ada 2 tulisan typo di jilid 1 halaman 68, tulisan yang ditulis yng, dan jilid 2 halaman 36 tulisan khianat ditulis khiyanat. Moga cetakan berikutnya penerbit bisa memperbaiki.

Oh iya, soal harga menurut saya agak mahal. Walau pas beli dapat diskon jadi 120ribuan, tapi masih dirasa mahal, hehe. Tapi semua yang dibahas di buku ini menjadikan buku ini tetap pantas untuk dimiliki anak. Jadi ingat kata Ustadz Syafiq Basalamah, kalau belajar akhlak itu butuh waktu seumur hidup. Semoga buku ini bisa menjadi pengingat di saat lupa. Baik untuk saya maupun untuk anak-anak saya. Ya Allah, mudahkanlaah.. aamiin.

No comments :

Post a Comment