SOCIAL MEDIA

Wednesday, August 30, 2017

Waktunya Mengeksplore Tempat Wisata di Penang


sumber:journeymalaysia.com

Ternyata Malaysia nggak hanya punya Kuala Lumpur, yang mana kotanya menjadi tujuan banyak wisatawan yang berkunjung. Padahal, masih ada Penang yang bisa Kamu dan keluarga kunjungi. Dan uniknya, Penang juga bukan hanya wisata sejarah di Georgetown, karena Kamu bisa juga menikmati tempat wisata di Penang lainnya yang bertema alam.

Tropical Spice Garden

sumber:penangtourism.webbly.com

Tropical Spice Garden merupakan sebuah hutan tropis. Kalau Kamu mengajak serta buah hati, maka ia juga akan sekaligus belajar mengenai beragam tumbuhan. Uniknya, Kamu nggak perlu bantuan pemandu lokal buat menjelajahi hutan. Sebagai salah satu tempat wisata alam di George Town, Tropical Spice Gargen ini layak untuk Kamu kunjungi.

Pasalnya, saat membeli tiket Kamu juga akan diberi alat, berbentuk seperti remote. Fungsi dari alat tersebut adalah sebagai pengganti pemandu yang akan mendeskripsikan mengenai tempat yang Kamu kunjungi dan berbentuk audion.

Alat ini terhubung pada palang angka yang terpasang di tempat tertentu. Caranya, Kamu hanya cukup menekan tombol angka sesuai dengan palang tempat Kamu berasala. Agar lebih mudah, Kamu bisa meminta petugas mengubah bahasa audio ke dalam bahasa Inggris, Melayu, Mandarin, Arab, Jepang, Jerman, maupun Prancis. Kereeeen....

Selain beragam tumbuhan, tempat wisata di Penang ini juga memiliki banyak fasilitas untuk anak-anak bermain seperti Giant Swing (ayunan raksasa), rumah teh (tea house), serta area seluncur.  Dengan harga tiket masuk 26 RM untuk dewasa dan 20 RM untuk pelajar, Kamu sekeluarga dapat bermain sambil belajar.


Penang Hill

sumber:cnn.com

Berkunjung ke berbagai tempat wisata di Penang kurang lengkap kalau Kamu nggak datang mengunjungi Penang Hill. Populer dengan sebutan “Bukit Bendera” ini memiliki aneka “atraksi” wisata yang bisa Kamu nikmati sebagai pelengkap catatan kaki Kamu. Seperti Owl Museum, pemandangan landscape yang memesona saat tiba di puncak, suhu yang relatif sejuk jika dibandingkan dengan Kuala Lumpur dan sesuai namanya, Bukit Bendera ini merupakan satu kompleks perbukitan.

Ada banyak cara untuk mencapai puncaknya, salah satunya adalah dengan menggunakan kereta wisata Penang Hill Railway yang bertuliskan “Kereta Api Bukit Bendera 1923”. Dengan membayar sekitar 30 RM untuk orang dewasa dan 15 RM untuk anak-anak di bawah 12 tahun dan pelajar. Berbeda dengan kereta api pada umumnya, kereta api ini memiliki desain unik yaitu memiliki kemiringan sekitar 45 derajat yang disesuaikan dengan kemiringan bukit. Untuk menambah pengalaman wisata Kamu disini, maka disepanjang perjalanan akan disajikan pemandangan yang sangat indah dan juga akan memasuki terowongan sepanjang 10 meter.

Alternatif lainnya, untuk Kamu yang takut ketinggian, Kamu bisa memilih untuk naik taksi. Namun, hati-hati saat menawar harga, karena taksi disini tak menggunakan argo, jadi lebih bijak jika Kamu bertanya mengenai harga terlebih dahulu atau survey harga yang pas di internet.

sumber:hellouncleforeigner.com

Setibanya di puncak, Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat memesona, di sana Kamu bisa membeli camilan atau sekadar minum kopi di café yang tersedia dengan menyaksikan langsung pemandangan hijau dari atas ketinggian bukit.

Nggak hanya itu, jika Kamu tertarik datanglah ke Owl Museum yang merupakan museum ‘art and craft’ pertama yang bertema burung hantu di Asia Tenggara. Karena ini merupakan museum art and craft, maka tentunya Kamu tak akan melihat burung hantu sungguhan di sini.

Meski ukurannya terbilang kecil, namun museum ini memiliki banyak lukisan bertema burung hantu yang sangat indah. Selain lukisan ada pula patung burung hantu, dan berbagai macam ’merchandise’ burung hantu. Tiket masuknya adalah 10 RM dan gratis untuk anak-anak.

11 comments :

  1. Wah, ku belum pernah ke malaysia.. waktu itu cuman transit doang di airportnya. Banyak baca ttg penang, kayaknya kotanya lbh santai dibanding KL, jadi tertarik juga pengen kesana.. TFS mba :D

    ReplyDelete
  2. Aku mau banget ke Penang. Dulu pernah terpikir untuk bayi tabung di Penang sambil liburan. Tapi karena cuti suami mendadak ga disetujui ya...terpaksa ga jadi deh, termasuk jalan-jalan ke Penangnya.
    Makasih infonya ya, Mbak. Mari menabung buat liburan ke Penang.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas referensinya mbak. Kebetulan belum pernah keluar Indonesia nih. Semoga suatu saat ada kesempatan :)

    ReplyDelete
  4. Unik banget mbk, itu utk pemandu di wisata alam di george Town. And by the way, nggak ada translate ke Indonesia ya mbak, untuk Audionya ��
    .
    Baru tahu nih, wisata di Penang selain di mercusuar yg terkenal di Malaysia itu. Hheee

    ReplyDelete
  5. Iiih...aku suka owl.
    *lopelope pas liatnya.


    Btw,
    Penang ini aku taunya ada wisata rumah sakit yang itu bikin orang yang sakit jadi lebih nyaman, ga tegang dan in syaa Allah dokternya gak pro-operasi.

    Jadi ada second opinion yang masuk akal.

    Kereen yaa..

    ReplyDelete
  6. Mengeksplor tempat2 cantik emang gak ada bosannya ya mbak. Penang salah satu tujuan wisata bagus juga yang perlu disinggahi.

    ReplyDelete
  7. Penasaran pengen ke Penang. Sampai skarang belum pernah ke Penang. Asik nih pemandangan alamnya bikin teduh :)

    ReplyDelete
  8. waaah banyak tujuan wisata di Penang. Dulu cuma muter di kota tua-nya Georgetown. Itupun udah seharian. Berarti harus nginep nih

    ReplyDelete
  9. Pengen banget bisa ke Penang dan mbandingin dengan KL. Spotnya bagus2 yaaaa. Dulu kyknya lbh terkenal buat berobat, skrng jg makin cantik utk berwisata TFS

    ReplyDelete
  10. Riyadh baru aja travel ke penang! Hehe.. Beruntungnya pas ke owl museum lagi super sepiii haha bebas banget pepotoan. Nanti diulas lengkap di blog ku yah hehe

    ReplyDelete
  11. Pengen foto di Pwnang Hill berdua suami hehe...viewnya indah banget

    ReplyDelete