SOCIAL MEDIA

Saturday, July 15, 2017

Basmi Anyang-Anyangan dengan Prive Uri-Cran

Pertama kali dengar istilah anyang-anyangan itu dari judul postingan teman-teman blogger. Penasaran tapi aneh. Iya berasa aneh aja gitu, anyang-anyangan. Malah jadi keingetan sama salah satu nama masakan di Sumatera Barat, anyang! Hehe. Kacang panjang dikasih parutan kelapa yang dicabein. Semacam sayuran gitu.
Baru benar-benar penasaran & nyari tahu pas salah satu teman blogger menang lomba dengan tema anyang-anyangan ini. Akhirnya saya buka tuh link tulisannya. Elahdalah, ternyata yang dimaksud saban-saban tooh.... Tiap daerah punya nama sepertinya. Barulah mafhum kalau anyang-anyangan itu yang pernah saya dan mungkin perempuan lainnya juga rasakan.

Ternyata penyakit ini bisa diderita siapa aja. Laki, perempuan, dan nggak memandang usia. Anak kecil pun bisa lho. Sebelum nyari tahu soal penyebabnya, kenalan dulu deh apa itu anyang-anyangan.
Anyang-anyangan itu adalah salah satu indikasi dari penyakit infeksi saluran kemih. Gejalanya:
  • Pengen buang air kecil terus menerus
  • Durasi buang air kecil singkat dengan volume yang sedikit
  • Pada perempuan, nyeri pada panggul
  • Pada laki-laki, nyeri pada anus
  • Merasa perih/panas saat buang air kecil
  • Urin berbau, lebih pekat & kadang mengandung darah
  • Merasa lelah
  • Demam
Lantas penyebabnya apa ya?
  1. Bakteri E.Coli
  2. Bakteri Chlamydia
  3. Alergi
  4. Kurang menjaga kebersihan
  5. Struktur organ intim yang nggak normal
  6. Diabetes
  7. Gangguan Prostat
  8. Dehidrasi
  9. Kehamilan
  10. Alat KB
  11. Menopouse
  12. Batu ginjal
Biar bisa terbebas dari anyang-anyangan, hayyu lakukan beberapa hal berikut ini:

- Minum air putih yang banyak.
Ini nih yang sering jadi tantangan para perempuan. Kadang suka males minum air putih. Perempuan? Haha, ehem, saya maksudnya. Apalagi dulu saya menganut paham suka minum air berwarna dan berasa. Terus jaraaaang banget minum air putih. Duh duh. Kalau mau sehat, emang harus Allahuma paksain. Toh manfaatnya buanyak buanget ya, nggak hanya bisa terbebas dari anyang-anyangan tapi bisa menjaga kesehatan ginjal juga. Dan masih banyak lagi.

- Mengatur asupan nutrisi.
Nah jangan asal makan juga. Katanya minum kopi teh yang berlebihan bisa bikin anyang-anyangan. Karena efek terauitiknya. Sekedarnya aja dan imbangi dengan apa... air putih.. hehe. ehem, dulu hobi banget tuh. Apa apa teh dikit dikit teh. Air putihnya? Ngehehe.

- Bersihkan dan rawat daerah kewanitaan dengan baik & benar. Kayak membilas dari arah dengan ke belakang, jangan sebaliknya. Jangan pakai celana dalam yang ketat & sering-sering ganti.

- Jangan menahan buang air kecil.
Haha.. Kadang suka males gitu, apalagi kalau lagi dalam perjalanan atau nemuin kamar mandi yang kotor. Ntar aja gitu, di rumah aja. Nah nah, bahaya!

- Konsumsi buah cranberry.
Nah lho, kayaknya itu buah nggak familiar deh di Indonesia? Heeh, bener! Buah ini banyak ditemuin di bagian utara Amerika & Kanada. Jauh bangeeet. Yaa kadang buat sehat emang harua ada perjuangannya. Ikhtiar judulnya.  Tapi jangan khawatir.. nggak perlu ke Amerika Utara atau Kanada segala. Sekarang udah ada ekstrak buahnya. Ohya? Yaa.. Prive Uri-Cran jawabannya!

gambar: uricran.co.ic



7 comments :

  1. Diinget-inget, ah. Karena suami dan mama pernah kena anyang-ayangan. TFS :)

    ReplyDelete
  2. mesti waspada ya dengan gejala anyang-anyangan biar nggak mengganggu aktivitas

    ReplyDelete
  3. Bunda pun pernah anyang-anyangan, enggak enak banget yaa

    ReplyDelete
  4. suamiku juga pernah kena tp ga keknaku sampe IsK hiks padahl aku penganut hidup sehat *eaaaa

    ReplyDelete
  5. penyebab anyang2an ternyata banyak ya, kudu dipraktekkin nih tipsnya

    ReplyDelete
  6. Kadang-kadang ada kondisi yang mengharuskan menahan kencing kayak di perjalanan hika

    ReplyDelete
  7. Kapok saya kena anyang - anyangan, menderita hiks

    ReplyDelete