SOCIAL MEDIA

Tuesday, November 8, 2016

Fashion Revolution In Digital World Bersama Rimma Bawazier


Tanggal 17 September 2016 kemaren, saya dan teman-teman dari komunitas Emak2 Blogger dan Blogger Bandung menghadiri “Indonesian Fashion Blogger Gathering.” Pertama undangan ini masuk, saya langsung antusias buat daftar. Pasalnya saya dari dulu emang menyukai dunia fashion.


Dari SMP suka banget ngikutin tren fashion. Sedikit cerita, pas kelas 2 SMA saat mengutarakan mau pake hijab, si mama meragukan. Karena dulu kan tren hijab ya belum seberagam kayak sekarang. Anak modis mau pake hijab, apa enggak buka tutup ntar? Itulah kekhawatiran mama. Tapi Alhamdulillah saya bisa membuktikan keistiqomahan mengenakan hijab sampe sekarang.

Sempat kepikiran mau bikin akun instagram dan blog fashion, tapi khawatir jatohnya tabbaruj (pamer). Nah pas ada event kece ini, serasa gayung bersambut. Bisa menghirup kembali aura fashion, ketemu sama Fashion Designer Rimma Bawazir dan mendapat ilmu terkait dunia fashion itu bikin sesuatu banget, hehe. 

Apalagi katanya event semacam ini bakal rutin diadain sekali dua bulan. Yah, semacam pelepas rindu dan ada tempat penyaluran bakat terpendam. Sekian dulu soal diri saya *yang enggak penting, kita lanjut ngebahas soal event kemaren :D

Mata saya berbinar saat melihat meja registrasi. Hihi, semangat daftar & semangat buat dapetin goodie bagnya, *dasar perempuan. Isinya ini nih, plus nomer doorprize *aseeek.



Saya datang diwaktu yang tepat. Pas banget acara udah mo mulai. Saya duduk, MC naik panggung. Asli MCnya gokil & kocak abis :D sebut saja Deden Delicious & Wildan Halwa. Dibuka dengan genjrengan gitar dengan teks lagu yang... ah sudahlah, bikin geleng-geleng kepala pokoknya. Setelah dibuka dengan apik dengan duo bujang ini (bener kan masih bujangan? hihi), selanjutnya Bapak Asep Mulyadi selaku pemilik Ethica maju ke panggung.


Perjalanan & Filosofi Ethica

Bapak Asep menjelaskan mengenai seluk beluk eticha dari awal mula berdiri hingga bisa seperti sekarang. Eticha berdiri pada tahun 2008. Nama Ethica muncul dari gagasan sebuah value. Berperilaku harus mempunyai etika, berjalan harus ada etika, berpakaian pun beretika.

Jadi fashion bukan sekedar yang melekat pada tubuh kita, tapi fashion adalah sesuatu yang mempunyai nilai yang mendatangkan kedekatan kepada Allah swt. Fashion yang bernilai spiritual. Awalnya saya pikir ethica itu bernuansa etnic, ternyata bukan *malu. Ethica is etika.

Tapi saya suka banget sama filosofinya. Jelas dan bernas. Ga heran kalo yang dulunya cuma industri rumahan, sekarang makin pesat dengan memiliki 124 agen dan reseller.

Oia, brand Ethica ini lebih berfokus buat remaja. Untuk dewasa dikembangkan lagi dengan nama brand Kagumi, untuk urban yang menyukai gaya casual, Ohya. Hm.. banyak juga ya turunan dari Ethica..



Brand Kagumi - Pilihan baju muslim terbaru


Indonesia sudah menjadi pusat fashion dunia. Fashion sangat mempengaruhi peradaban sebuah bangsa. Ketika fashion bisa mengarahkan ke arah yang lebih baik, maka akan mempengaruhi peradaban & citra sebuah bangsa. - Asep Mulyadi


Menangkap Peluang di Era Digital

Indonesia merupakan pusat fashion terbesar di dunia dan 99% muslim ada di Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik, berdasarkan Susenas 2014, jumlah penduduk Indonesia mencapai 254,9 juta jiwa. Jumlah pengguna internet 139 juta jiwa (55%), sementara jumlah yang belum menggunakan internet 115 juta jiwa (45%). Menurut Marketing Manajer Eticha, Teuku Ikhsan Syaban, era digital harus ditangkap dengan berbagai macam cara. Apalagi pengguna internet di Indonesia mencapai 55%.

Sedikit menilik ke belakang, sejarah menceritakan dari dulu hingga sekarang transformasi era selalu terjadi. Dari membagikan informasi melalui batu - tulisan di kulit - kertas - mesin - kertas - gadget. Evolusi Era bisnis pun mengalami berbagai perubahan. Mulai dari era agraris, industri, informasi, konsep hingga online & afiliasi. Hingga sebuah konsep baru pun lahir di masa online & afiliasi ini. Jim Lecinski mengusung sebuah konsep bernama ZMOT (Zero Moment Of Truth). Apa itu ZMOT? Yuk nonton dulu video satu ini.



Stimulus (iklan) - first moment of truth - second moment of truth. 

ZMOT merupakan the new mental model of marketing, di mana konsumen cukup mengenal produk dari rumah. Menangkap momen inilah Ethica hadir sebagai toko online busana muslim. Melancarkan aksi kerennya tanpa outlet, cukup melalui online/reseller/agen aja.


Fashion Revolution Oleh Rimma Bawazier

Rimma Bawazier menekuni dunia modelling sejak kelas 2 SMA dan memiliki hobi re-cover baju-baju lama, *toss mba, lebih tepatnya saya suka mix & match baju lama sama yang baru sih hehe. Dan masa-masa itu, ibu satu anak ini juga mulai nangkring di Majalah Muslimah, 1 angkatan sama Dian Pelangi & Lulu El Hasbu. Rimma dan Lulu juga berlajar bersama-sama di lembaga pendidikan Ratih Sanggarwati.


Foto: instagram @rimmabawazier @dianpelangi @luluelhasbu

Pemilik Brand Kaima Malabis ini selanjutnya bercerita mengenai tren fashion hijab. Fashion hijab mulai booming tahun 2010. Awalnya, Rimma dan kawan-kawan ngadain buka bareng di Jakarta. Diluar dugaan, yang datang hingga 150 orang lebih.

Melihat antusiasme teman-teman, akhirnya lahirlah Hijabers Community *Salut sama perkembangan komunitas satu ini. Setiap bulannya ada kegiatan, baik pengajian maupun tutorial hijab dan semakin berkembang bahkan hingga seluruh Indonesia.

Sebenarnya ada hal-hal yang melenceng dari pemakaian hijab itu sendiri. Pas ngadain tutorial pemakaian hijab, hijabnya sebenarnya dipake buat ke pesta, tapi peserta yang datang ada yang make buat keseharian mereka. Jadinya enggak pas. - Rimma Bawazier
Foto: Shanty

Saat Rimma menjadi model di luar Negeri, Rimma melihat desain Indonesia yang paling beragam dan banyak pilihan. Dan hal inilah yang menjadi daya tarik karya-karya anak bangsa bagi orang luar. Misal ada pilihan yang jelas mana pakaian ke pesta, pakaian sehari-hari, dst.



Tren Model hijab 2016 sendiri menurut Rimma adalah hijab syar'i, yang menutup dada, panjang, tapi tetep modis. 

Sekian reportase dari saya ^_^ Oia, serunya di sela-sela acara, Ethica membanjiri kami dengan berbagai hadiah melalui kuis dan doorprize. Cemilan lezat dan voucher makan siang yang bikin nagih. Jadi enggak sabar dengan event selanjutnya. 

4 comments :

  1. Replies
    1. Waaa.. Masya Allah baru ngeh Om Cumi ikut komen di blog diriku yang apalah apalah..

      Alfatihah buat Om Cumi, semoga diberi t4 yg terbaik d sisi Allah dan diampuni dosa-dosanya, aamiin..

      Maafkan baru sempet komen

      Delete
  2. Baru tau ttg Ethica, enak bangeet dibanjiri hadiah & doorprize mau doong hihihihi XD *mupeng*

    ReplyDelete